Kamis, 27 Januari 2011

Yoon Si Yoon, Memancarkan Energi Positif Lewat Peran Kim Tak Goo



SUKSES besar yang diraih serial
 Bread, Love, and Dreams (BLD) atau yang juga dikenal dengan judul Baker King Kim Tak Goo menyeret nama sang bintang utama, Yoon Si Yoon, ke puncak popularitas. Akting Yoon Si Yoon membuat sosok Kim Tak Goo begitu dicintai penonton. Yoon mampu menerjemahkan karakter Tak Goo yang polos dan periang.



“Saya rasa akting Yoon Si Yoon yang tulus terpancar ke penonton dan sangat membantu mencatat rekor rating tinggi. Saya sangat berterima kasih atas ketulusan dan aktingnya yang hangat sehingga penonton dapat merasa seperti sedang menyemangatinya saat sedang menonton serial ini,” puji Kang Eun Kyung, penulis skenario.

Hebatnya, Yoon Si Yoon masih terhitung aktor pendatang baru. Pengalaman aktingnya baru tercatat lewat peran Joon Hyuk di komsit High Kick Through The Roof (HKTTR), pun bukan pemain utama. BLD serial pertama yang memberinya peran sentral. Pesimistis mewarnai kiprah pertamanya sebagai sebagai pemeran utama.

“Sembilan puluh sembilan persen orang mengatakan, ‘Kau tak akan bisa sukses.’ Tapi satu persen sisanya, yang tak lain orang tua dan manajer saya menyemangati, dan dukungan mereka menjadikan saya seperti sekarang,” ungkap Yoon Si Yoon.

Seperti yang pernah kami uraikan, stasiun TV KBS pun menganggap Yoon Si Yoon belum layak. Pelan-pelan Yoon mematahkan pandangan pesimistis. Sejak kemunculannya di episode ke-7, rating serial BLD terus meningkat menembus angka 40 bahkan 50 persen di episode terakhir. Keadaan pun berbalik. Yoon Si Yoon disanjung-sanjung berkat keberhasilannya menghidupkan tokoh Tak Goo dan serial BLD.


“Yang saya tahu seorang aktor harus bisa keluar dari peran yang dimainkannya setelah dramanya selesai. Tapi saya tetap tak percaya serial ini telah berakhir. Saya masih merasa sedang beristirahat sejenak di tengah syuting,” ungkapnya. Ya, disanjung begitu tingginya, Yoon belum terbiasa. Meski statusnya otomatis berubah menjadi aktor ngetop, secara pribadi ia tak merasakan perubahan besar.


“Tak ada perubahan dalam hidup saya. Sebelum serial ini sukses, kehidupan saya bahagia, sampai sekarang juga demikian. Tapi saya senang ketika melihat orang-orang sekitar saya bahagia karena saya. Inginnya, saya selalu menjadi orang yang positif dan berusaha menjadi seperti Kim Tak Goo. Saya rasa Kim Tak Goo bukan sekadar karakter fiksi. Saya percaya saya akan lebih bahagia jika bisa seperti Kim Tak Goo di kehidupan nyata,” papar cowok kelahiran 26 September 1986 ini.

Positif Seperti Kim Tak Goo
“Nama saya Yoon Si Yoon. Nama asli saya Yoon Dong Goo, tapi saya menggantinya ketika masuk kuliah. Agensi saya yang menganjurkannya waktu itu. Dan saya senang bisa menjadi aktor dengan nama bagus. Saya juga merasa nama asli saya sangat bagus. Dong Goo. Lucu sekali, kan?” begitulah caranya memperkenalkan diri.

“Saya lahir di keluarga biasa dan tak punya banyak masalah (seperti Tak Goo). Lingkungan keluarga saya mungkin buruk, tapi masih memenuhi standar kehidupan. Yang pasti, sekarang saya bahagia karena bisa membantu dan meringankan beban orangtua,” ungkapnya.


Selain latar belakang, Yoon punya kemiripan sifat dengan Tak Goo: sama-sama tipe yang berpikir positif. Sifat ini pula yang membuatnya berhasil mendapat peran di BLD.


“Suatu hari penulis (Kang Eun Kyung) datang dan berkata, sepertinya sulit baginya memberikan peran itu untuk saya karena banyak yang tidak setuju. Tapi pada saat itu, saya berkata sambil tersenyum, ‘Saya tak punya kepercayaan diri untuk memberikan akting terbaik, tapi saya bisa berakting dengan jujur tanpa berpura-pura.’ Mungkin saat itu saya tak berpikir tak akan terpilih, seperti Kim Tak Goo yang tak pernah berpikir negatif tentang semua hal. Saya pikit penulis memberi saya kesempatan itu karena kemiripan ini, hahaha,” bebernya.

“Sepertinya saya ingin menjadi aktor sejak dilahirkan,” aku Yoon Si Yoon.
Memasuki bangku kuliah, ia mantap memilih jurusan teater dan film Universitas Kyungki demi mempelajari seluk-beluk dunia akting. Berkali-kali mencoba ikut kasting, berkali-kali pula ia gagal. Setelah empat tahun jatuh bangun, ia menembus serial HKTTR.

“Ketika ikut audisi, saya selalu gagal di seleksi administrasi. Saya bahkan tak pernah bisa mendapat kesempatan ikut audisi yang sebenarnya. Mungkin karena banyak alasan, tapi saya hanya berpikir saatnya belum tepat untuk saya. Lalu saya mendaftar audisi High Kick Trough the Roof dan menerima panggilan audisi. Saya tak menaruh harapan tinggi, bahkan saya tak tahu bagaimana menjalani audisi yang baik pada saat itu. Belakangan saya dengar banyak aktor tampan dan berbakat yang ikut audisi itu juga. Tapi sutradara Kim Byong Wook justru menginginkan aktor pendatang baru seperti saya. Mungkin itulah sebabnya mengapa saya mendapatkan kesempatan itu,” kenangnya.


Yoon tak hanya beruntung karena dapat peran utama di BLD, namun kesempatan bermain dengan aktor senior seperti Jeon Kwang Ryeol, Jeon In Hwa, Jung Sung Mo, Jang Hang Sun, juga aktris Eugene menjadi kebanggaan tersendiri.

“Saya belajar banyak dari para aktor senior yang menampilkan akting terbaiknya. Dan saya merasakan kegembiraan yang luar biasa saat bisa berakting bersama mereka. Ditambah lagi, saya mendapatkan cinta yang begitu besar dari penonton, bahkan drama ini mencatat rating hingga 50 persen. Saya harus membayarnya dengan cinta yang besar, akting yang jujur, serta pikiran positif. Ini mungkin sulit, tapi saya ingin menunjukkan usaha untuk menjadi aktor besar pada orang-orang,” ungkapnya bahagia.


Yoon Si Yoon tak boleh terlena dengan kesuksesan BLD. Tantangan selanjutnya, bagaimana caranya mempertahankan aktingnya yang baik. Masih banyak hal yang ingin diperbaikinya. Ia juga ingin peran yang berbeda.

“Saya pernah memerankan remaja sebagai Joon Hyuk dan laki-laki muda sebagai Kim Tak Goo. Sekarang, saya pikir saatnya bersiap-siap memerankan peran pria dewasa yang bisa melindungi keluarganya,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar